Iklan

Iklan

Balas Dendam, Hizbullah Serang Pusat Komando Militer Israel

Hizbullah Serang Pusat Komando Militer Israel
 

Kelompok Hizbullah yang didukung Iran mengklaim telah melancarkan serangan ke pusat komando militer di utara Israel pada Selasa (9/1).

Hal ini dilakukan sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan lapangan Hizbullah Wissam Tawil pada Senin (8/1) dan seorang jajaran pemimpin Hamas Saleh al-Aruri pada 2 Januari lalu.

Melansir AFP, dalam pernyataannya, Hizbullah menargetkan pusat komando militer di Kota Safed. Hizbullah meluncurkan beberapa pesawat tak berawak (drone) ke Israel.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh pihak militer Israel. Drone dilaporkan telah jatuh di pusat komando militer Israel.

Namun, tak ada korban luka ataupun kerusakan yang dilaporkan akibat serangan tersebut.

Wissam Tawil dimakamkan di kampung halamannya di selatan Lebanon pada Selasa. Prosesi pemakaman dihadiri oleh ratusan pendukung Hizbullah.

Hizbullah mengatakan, Tawil terlibat dalam penculikan tentara Israel yang memicu perang pada tahun 2006. Ia juga mengambil bagian dalam operasi penting di Suriah.

"Ia juga mengarahkan sejumlah operasi terhadap pasukan Israel sejak perang Gaza dimulai," ujar Hizbullah.

Sebelumnya, Hizbullah juga telah menembakkan lebih dari 60 roket ke pangkalan militer Israel. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan atas pembunuhan wakil pemimpin Hamas Aruri di Beirut. Aruri terbunuh di markas Hizbullah di selatan Beirut.

Sejak perang antara Israel-Palestina meletus pada 7 Oktober lalu, situasi antara Israel dan Hizbullah juga kian memanas. Hampir setiap hari terjadi baku tembak di antara kedua belah pihak.

Kini, tewasnya petinggi Hizbullah diprediksi bakal membuat kondisi antara kedua belah pihak kian memanas.

Copas dari https://www.cnnindonesia.com/internasional/20240110024734-120-1047430/balas-dendam-hizbullah-serang-pusat-komando-militer-israel?mtype=mpc.ctr.A-boxccxmpcxmp-modelA

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Balas Dendam, Hizbullah Serang Pusat Komando Militer Israel"

Post a Comment